sedikit tentang saya

selamat pagi,siang maupun sore nama saya mahatma yudhistira mungkin sebagian orang akan aneh membaca blog saya yang saya tulis karena banyak menceritakan tentang senjata namun saya menulis untuk sains bukan untuk apa apa yang berhubungan dengan hal negatif

Sabtu, 29 Oktober 2011

bom nuklir tsar bomba

selamat pagi,siang maupun sore saya akan menjelaskan tentang tsar bomba
Test: No. 130
Perangkat: RDS-220 (Big Ivan)
Waktu: 11:32 30 Oktober 1961
(Moskow Waktu)
Lokasi: Mityushikha Bay uji rentang, uji
lapangan D-2, Novaya Zemlya Pulau
(Terletak di atas lingkaran Arktik
di Laut Arktik). Kira-kira
koordinat yang 73.85N, 54.50E
Uji Tinggi dan Jenis: Parasut airburst terbelakang,
4000 m ketinggian
Hasil: 50 megaton
Novaya Zemlya Uji Rentang

Karakteristik

Maksimum Desain Hasil 100 megaton
Berat badan Approx. 27 ton
(24,5-27,5 ton)
[Janes Defense Weekly 1992]
Panjang 8 meter
Diameter (tubuh) 2,1 meter
Metode Pengiriman Modifikasi Tu-95 pembom strategis,
parasut terbelakang airburst
(Kemampuan tanah meledak?)
Jumlah Diproduksi Kemungkinan besar 1
Fitur desain
  • Tiga tahap radiasi
    ledakan sistem
  • Tersier (dan mungkin
    sekunder) tahap diuji
    dengan non-fisi tampers memimpin
  • Fusi fisi 50%, 50%
    di hasil penuh
Cloud Jamur
Tsar Bomba
Tsar Bomba gambar besar
Tsar Bomba
Tsar Bomba gambar besar
Tsar Bomba
Tsar Bomba gambar besar
Para Tsar Bomba ditampilkan di sini di Museum Atom Rusia.
Senjata ini dikembangkan dalam waktu yang sangat singkat. Pada
10 Juli 1961 Nikita Khrushchev bertemu dengan Andrei Sakharov,
maka senjata desainer senior, dan diarahkan dia untuk mengembangkan
100 megaton bom. Perangkat ini harus siap untuk tes
akan dimulai pada bulan September sehingga deret tersebut akan seri
menciptakan dampak politik maksimum (bom ukuran ini
hampir tidak berguna militer). Sakharov kembali ke
Arzamas-16, dan memilih tim desain yang terdiri dari Victor
Adamskii, Yuri Babaev, Yuri Trutnev, dan Yuri Smirnov (yang
kemudian mengawasi transformasi desain ini menjadi
menerjunkan senjata). Bom itu diuji hanya 16 minggu setelah
inisiasi desain.
Tsar Bomba parasut
Parasut lengan
Sistem parasut dikembangkan untuk Big Ivan tahap lima-
sistem, dengan luas kanopi utama 1.600 meter persegi. Para
parasut memastikan bahwa faktor beban yang lebih besar dari 5 g tidak akan
ditemui, dan bahwa kecepatan akan turun 20 sampai 25
meter / detik. Parasut yang ditampilkan adalah versi disesuaikan untuk ruang
kendaraan pemulihan di Museum Atom Rusia [Spassky 2000] .
Perangkat resmi ditunjuk RDS-220, dikenal sebagai Big desainer Ivan, dan dijuluki di sebelah barat Tsar Bomba (dan disebut sebagai Bom Besar dengan Sakharov dalam memoarnya [Sakharov 1990] ) adalah senjata nuklir terbesar yang pernah dibangun atau diledakkan . Ini senjata tahap ketiga sebenarnya adalah 100 megaton bom desain, tetapi fusi uranium tahap merusak dari tersier (dan mungkin sekunder) tahap (s) digantikan oleh satu (s) terbuat dari timah. Hal ini mengurangi hasil sebesar 50% dengan menghilangkan fisi cepat dari tamper uranium oleh neutron fusi, dan dihilangkan 97% dari kejatuhan (1,5 megaton fisi, bukan dari sekitar 51,5 juta ton), namun masih membuktikan hasil desain penuh. Hasilnya adalah "bersih" senjata yang pernah diuji dengan 97% dari energi yang berasal dari reaksi fusi. Efek bom ini pada hasil penuh pada kesulitan ekonomi global akan menjadi luar biasa. Ini akan meningkatkan fisi total dunia kejatuhan sejak penemuan bom atom dengan 25%.
Tsar Bomba julukan adalah referensi ke sebuah tradisi Rusia terkenal untuk membuat artefak raksasa untuk pertunjukan. Bel dunia terbesar (Tsar Kolokol) dan meriam (yang Pushka Tsar) dipajang di Kremlin [Kalinin 1994; pg. 33] . Setelah datang ke kekuasaan dengan overthowing dan membunuh keluarga kerajaan terakhir dari Rusia, pemimpin Soviet tidak akan pernah countenanced seperti nama royalis, namun sebutan ini telah menjadi populer di Rusia sejak runtuhnya Uni Soviet.
Tes dilakukan oleh udara menjatuhkan bom dari khusus dimodifikasi Tu-95N "Beruang A" pembom strategis dikemudikan oleh komandan misi Mayor Andrei E. Durnovtsev. Hal ini dirilis di 10.500 meter, dan membuat keturunan parasut terbelakang sampai 4000 meter di 188 detik sebelum ledakan. Pada saat itu bomber rilis sudah di zona aman sekitar 45 km. Daerah penurunan itu atas tanah di lokasi uji Teluk Mityushikha, di pantai barat Novaya Zemlya Island, di atas kolom tes D-2, dekat Cape Sukhoy Nos [Podvig et al, 2001; hlm 466, 498] , [Khalturin et al 2005] . Durnovtsev segera dipromosikan menjadi letnan kolonel dan membuat Pahlawan Uni Soviet. Tu-95 didampingi oleh Tu-16 laboratorium "Pak Luak" udara untuk mengamati dan mencatat tes. Waktu dari tes ini adalah diberikan oleh [Adamsky dan Smirnov 1998] sebagai 11:32 Waktu Moskow; ini tercantum dalam [Podvig et al 2001; pg. 498] seperti yang terjadi pada saat Keputusan Moskow 06:33.
Lokasi tes adalah sekitar 55 km sebelah utara dari pemukiman Severny dan 250 km sebelah utara kantor pusat di Belushya, dari tempat itu diamati oleh Komisi Negara. Desain bom tim dan pengawas tes, dipimpin oleh Mayor Jenderal Nikolai Pavlov, Ketua Komisi Negara, dipantau tes di lapangan udara di dekat stasiun Olenya di Semenanjung Kola km 1000 pergi. Pengamat juga di lokasi lainnya. Diantaranya adalah Menteri Soviet Mesin Bangunan Menengah Efim Slavsky dan Marsekal dari Uni Soviet Kirill Moskalenko, deputi ke Kongres 22 dari CPSU kemudian di sesi, yang telah tiba dengan pesawat pada hari tes untuk mengamati ledakan. Mereka mengamati menguji kapal sebuah Il-14 "peti" pada jarak beberapa ratus kilometer dari titik nol. Sakharov dirinya tinggal dengan telepon, mungkin di Arzamas-16, menunggu untuk panggilan dari Mayor Jenderal Pavlov.
Efek yang spektakuler. Meskipun ketinggian ledakan yang sangat besar dari 4.000 m (13.000 kaki) bola api besar sampai turun ke bumi, dan membengkak ke atas untuk hampir ketinggian pesawat rilis. Tekanan ledakan bawah titik ledakan adalah 300 PSI, enam kali tekanan puncak berpengalaman di Hiroshima. Lampu kilat cahaya begitu terang sehingga terlihat pada jarak 1.000 kilometer, meskipun langit mendung. Satu peserta dalam ujian melihat kilatan terang melalui kacamata gelap dan merasakan efek dari pulsa termal bahkan pada jarak 270 km. Salah satu kameramen bercerita:
Awan bawah pesawat dan di kejauhan itu diterangi oleh lampu kilat yang kuat. Lautan menyebarkan cahaya di bawah menetas dan bahkan awan mulai bersinar dan menjadi transparan. Pada saat itu, pesawat kami muncul dari antara dua lapisan awan dan di bawah di celah bola oranye terang yang besar itu muncul. Bola itu kuat dan arogan seperti Jupiter. Perlahan-lahan dan diam-diam merayap ke atas .... itu Setelah menembus lapisan awan tebal itu terus tumbuh. Tampaknya untuk menghisap seluruh bumi ke dalamnya. Pemandangan yang fantastis, tidak nyata, supranatural.
Pengamat lain, lebih jauh, menggambarkan apa yang dia saksikan sebagai:
... flash putih kuat atas cakrawala dan setelah jangka waktu yang panjang ia mendengar pukulan, terpencil tidak jelas dan berat, seperti jika bumi telah terbunuh!
Sebuah gelombang kejut di udara diamati di permukiman Dickson dari 700 km, kaca jendela yang sebagian rusak untuk jarak 900 km. Semua bangunan di Severny (baik kayu dan batu bata), pada jarak 55 km, benar-benar hancur. Dalam ratusan kilometer kabupaten dari nol, rumah-rumah kayu hancur, dan orang-orang batu kehilangan atap rumah mereka, jendela dan pintu, dan komunikasi radio terputus selama hampir satu jam. Gangguan atmosfer yang dihasilkan oleh ledakan mengorbit bumi tiga kali. Sebuah awan jamur raksasa naik setinggi 64 kilometer (210.000 ft).
Meskipun meledak di atmosfer, itu dihasilkan sinyal seismik substansial. Menurut sebuah buletin dari US Geological Survey itu mb besarnya seismik = 5,0-5,25. Gelombang Ledakan terdeteksi mengitari dunia. [Khalturin et al 2005]
Beberapa saat setelah ledakan, foto-foto diambil dari ground zero. "Permukaan tanah pulau telah diratakan, menyapu dan menjilati sehingga terlihat seperti sebuah arena skating," melaporkan saksi. "Hal yang sama berlaku untuk batuan salju telah meleleh dan sisi mereka dan ujungnya mengkilap.. Tidak ada jejak ketidakrataan di tanah .... Semuanya di daerah ini telah disapu bersih, jauh menjelajahi, meleleh dan ditiup."
Para pemadaman radio yang diciptakan oleh ionisasi dari ledakan memberikan indikasi langsung ke pos komando di Semenanjung Kola bahwa ledakan itu terjadi, tapi tetap mereka dari menerima setiap laporan tentang tingkat keberhasilan, atau nasib pembom dan Tu-16 "Badger" laboratorium udara menyertainya selama 40 menit. Hanya ketika radio Novaya Zemlya kontak dengan dibangun kembali yang mereka dapat meminta informasi tentang ketinggian awan, dan itu menjadi jelas bahwa bom itu bekerja seperti yang dirancang.
Tu-95 dicat dengan cat reflektif khusus putih untuk melindunginya dari radiasi termal dari bola api. Pesawat udara laboratorium juga ditutupi dengan cat yang sama. Di udara yang jelas, uji Gunung 50 mampu dalam prinsip menimbulkan luka bakar derajat ketiga pada jarak hingga 100 km.
Luas kehancuran efektif menyelesaikan diperpanjang untuk 25 km, dan rumah-rumah biasa akan mengalami kerusakan parah keluar untuk 35 km. Kehancuran dan kerusakan bangunan terjadi secara sporadis pada rentang yang jauh lebih besar dari ini karena efek dari fokus atmosfer, suatu fenomena yang tak terduga namun tidak dapat dihindari dengan ledakan atmosfer yang sangat besar yang mampu menghasilkan wilayah tekanan lokal ledakan destruktif pada jarak yang besar (bahkan melebihi 1000 km).

Asal, Pengembangan, dan Test Persiapan

Seperti seri 1961 seluruh tes di mana ia dilakukan, penciptaan Tsar Bomba adalah hasil perhitungan politik oleh pemimpin Soviet, terutama dari Premier Nikita Khrushchev. Sebuah moratorium de facto telah ada antara AS, Uni Soviet dan Inggris sejak akhir tes seri AS dan Soviet terakhir pada tahun 1958, dan dua tahun diskusi telah dilakukan berkenaan dengan pembatasan resmi mengenai pengujian nuklir. Tetapi Perang Dingin terus di nada tinggi, dengan pengurangan sesekali dalam ketegangan yang hanya parsial dan fenomena sementara. Banyak taruhan tinggi kartu masih harus dimainkan oleh Soviet - yang dibangunnya Tembok Berlin dan penyebaran rudal Kuba pada contoh-contoh yang terkenal. Keputusan untuk memecahkan moratorium dengan "pengujian spektakuler" yang bertepatan dengan Kongres Kedua Dua puluh Partai Komunis Uni Soviet adalah langkah dilemparkan dalam cetakan yang sama.
Senjata-senjata Soviet ilmuwan telah menghabiskan waktu tiga tahun sejak seri tes terakhir di tahun 1958 mengembangkan konsep-konsep baru dan memperbaiki yang lama, tetapi mereka tidak pernah mempersiapkan untuk serangkaian pengujian baru per se sampai Khrushchev mengadakan pertemuan dengan "ilmuwan atom" - yang pemimpin program senjata - pada tanggal 10 Juli 1961. Tidak ada diskusi tentang apakah tes lagi yang diperlukan atau diinginkan, yang Sakharov, desainer senjata senior, sangat meragukan. Khrushchev sekadar mulai pertemuan dengan pidato yang menyatakan bahwa tes akan kembali di musim gugur untuk 'menunjukkan imperialis apa yang bisa kami lakukan ", sebuah keputusan yang datang sebagai kejutan bagi para ilmuwan ini. Khrushchev khusus disebut sebagai motivasi utama sebuah politik daripada justifikasi teknis - pandangannya bahwa situasi internasional memburuk [Sakharov 1990, pg. 215] . Dari sana sampai akhir rangkaian pengujian itu adalah upaya habis-habisan untuk siap sebagai banyak desain, konsep, dan perangkat untuk pengujian mungkin.
Sumber yang tersedia tidak membuatnya jelas di mana ide tes perangkat 100 megaton berasal. Sakharov tidak menyebutkan perangkat ini yang diusulkan pada pertemuan 10 Juli, tapi pertama-tama mengacu untuk itu sehubungan dengan pertengahan Agustus ulasan: "Khrushchev sudah akrab dengan program pengujian, dan khususnya dengan rencana kami untuk meledak perangkat catatan -melanggar kekuasaan ", menyiratkan bahwa ide dari tes ini berasal spektakuler dengan tim senjata [Sakharov 1990, pg. 218] . Komentar oleh Reed dan Kramish [Reed dan Kramish 1996] sebaliknya menunjukkan bahwa pengembangan dan uji perangkat ini adalah arahan dari Khrushchev pada pertemuan Juli. Account rinci oleh Adamsky dan Smirnov [Adamsky dan Smirnov 1998] alamat ini tidak sama sekali. Mereka menyatakan bahwa pengembangan perangkat dimulai pada pertengahan Juli (yaitu segera setelah pertemuan) dan bahwa "Kami tahu bahwa puncak dari serangkaian tes yang direncanakan di Uni Soviet akan menjadi ledakan perangkat 50-Mat, yang dirancang untuk menghasilkan ledakan hingga 100 megaton "tetapi tidak mengindikasikan bagaimana mereka datang untuk mengetahui hal ini.
Tidak ada kebutuhan militer yang sudah ada sebelumnya untuk senjata megaton 100 - senjata tersebut hampir tidak berguna untuk tujuan militer. Uni Soviet hanya memiliki satu sistem pengiriman yang mampu membawa senjata ukuran ini - beberapa dari pembom prop-didorong relatif lambat Tu-95 - dan itu tidak mampu jangkauan antarbenua dengan muatan besar ini. Senjata Mt 100 dapat tingkat daerah perkotaan di zona 60 km lebar, menyebabkan kerusakan berat di dalam sebuah zona di 100 km, menyebabkan luka bakar tingkat 3 di km 170 wilayah di seluruh (hanya sedikit lebih kecil dari lebar Jerman Barat) dan kerusakan mata sampai 220 km. Seperti senjata hanya dapat digunakan sebagai sarana menghancurkan seluruh wilayah perkotaan - sebuah kompleks perkotaan yang utama termasuk pinggiran kota dan bahkan kota-kota tetangga. Ini skala kerusakan jauh lebih besar daripada daerah perkotaan diskrit di Eropa Barat. Dengan permukiman padat, penggunaan seperti senjata di Eropa adalah setara dengan sebuah serangan pada bagian utama dari seluruh bangsa dan penduduknya. Kejatuhan dari ketinggian rendah atau permukaan meledak di pusat Inggris bisa menghasilkan eksposur mematikan memperluas ke negara-negara Pakta Warsawa, sebuah ledakan yang sama di Jerman Barat dapat menciptakan dampak mematikan sejauh perbatasan Soviet. Bahkan di Amerika Serikat hanya ada tiga daerah perkotaan pada saat itu cukup besar untuk dibayangkan pantas menyerang dengan seperti senjata - New York, Chicago, dan Los Angeles. Pada setiap target yang lebih kecil itu akan berlebihan sederhana. Bahkan jika Tu-95 mampu mencapai Chicago, AS yang masuk akal terdekat target, (yang diragukan diberi muatan yang sangat besar, jauh melebihi dari normal untuk jangka panjang misi, dan tarik ditambahkan dari tonjolan perut yang diperlukan untuk rumah bom) itu akan terdeteksi melintasi garis Amerika Utara dan kemudian peringatan dini telah atas wilayah AS dan Kanada selama 8 jam - waktu yang cukup bagi jet tempur untuk mencegat dan menembak ke bawah [Zaloga 1993] .
Sejak persiapan 100 megaton bom hanya mulai setelah pertemuan 10 Juli di mana Kruschev memerintahkan seri tes akan diadakan, tidak lebih dari 112 hari berlalu dari konsep awal untuk peledakan - persis 16 minggu.
Setelah kembali ke Arzamas-16, senjata nuklir rahasia laboratorium di Ural, setelah pertemuan Sakharov dipilih tim untuk mengembangkan perangkat 100 megaton. Dia termasuk Viktor Adamsky, Yuri N. Babaev, Yuri Trutnev, dan Yuri Smirnov yang baru tiba, maka 24 tahun ( [Adamsky dan Smirnov 1998] , [Khariton 1993] ). Sakharov menunjukkan bahwa tanggung jawab utama untuk proyek berbaring dengan Adamsky dan VP Feodoritov [Sakharov 1990, pg. 220] .
Setiap aspek dari pembangunan dilarikan. Analisis matematika biasanya dilakukan oleh para ilmuwan senjata Soviet untuk desain senjata baru termonuklir itu diabaikan, menggantikan estimasi dan perkiraan dari berbagai jenis. Hal ini menciptakan ketidakpastian tentang kinerja sistem yang dipotong di akhir persiapan - menyebabkan keraguan jam kesebelas, dan modifikasi desain menit terakhir bahkan saat perakitan sedang berlangsung.
Majelis Tsar Bomba
di Arzamas-16
Tsar Bomba Majelis 1 Klik untuk 480x360 (35k) gambar
Tsar Bomba Majelis 2 Klik untuk 480x360 (30k) gambar
Dua batang proyeksi dari hidung
mungkin tanah sensor kedekatan
Tsar Bomba Majelis 3 Klik untuk 480x360 (32k) gambar
Loading parasut
Tsar Bomba Majelis 4 Klik untuk 480x360 (35k) gambar
Tsar Bomba Majelis 5 Klik untuk 480x360 (37k) gambar
Lihat primer kemungkinan (pemicu fisi)
Tsar Bomba Majelis 6 Klik untuk 480x360 (35k) gambar
Drop Udara
Tsar Bomba pada Tu-95 Klik untuk 500x360 (26K) gambar
Tsar Bomba Majelis 2 Klik untuk 500x360 (27k) gambar
Tsar Bomba Majelis 1 Klik untuk 500x360 (26K) gambar
Tsar Bomba Majelis 2 Klik untuk 500x360 (27k) gambar
Gambar-gambar ini dari dua puluh menit
film tentang pengembangan dan uji
bom yang dibuat untuk Soviet
kepemimpinan. Kutipan dari film ini
Petrus muncul di Kuran yang
Trinitas dan Beyond: The Movie Bom Atom
(Visual Konsep Hiburan).

Pada pertengahan Agustus review, diadakan setelah 13 Agustus (Sakharov menyatakan bahwa ini adalah 'setelah Tembok Berlin telah dibangun') dan dengan demikian setelah sekitar 4 minggu bekerja, Sakharov telah memutuskan untuk menguji hasil berkurang "bersih" versi perangkat dengan hasil 50 megaton. Pada review ini Khrushchev mengatakan bahwa ia telah diungkapkan tes direncanakan perangkat ini untuk mengunjungi pejabat dari Amerika Serikat. Khrushchev Pembesar diidentifikasi sebagai senator AS tak dikenal (dan putrinya tumbuh), tetapi Sakharov berspekulasi bahwa itu sebenarnya penasihat presiden John McCloy [Sakharov 1990, pg. 218] .
Khrushchev go public mengenai tes superbomb direncanakan dengan pengumuman seri pengujian baru yang diterbitkan bersamaan dengan tembakan pertama menembak 1 September 1961 [Waktu 1961] , [Adamsky dan Smirnov 1998] . Dengan pra-mengumumkan acara, Khrushchev dipamerkan keyakinan besar dalam tim pengembangan nya senjata, dan juga menempatkan tekanan yang ekstrim pada mereka. Dalam setiap tes biasa desain senjata baru hasil kegagalan hanya dalam keterlambatan dalam penyelesaian yang sukses (dan biaya bahan yang dikeluarkan). Sekarang setiap penyimpangan ditandai dalam hasil akan mengakibatkan hilangnya nilai propaganda yang direncanakan di mana Khrushchev begitu banyak penekanan ditempatkan. Karakter membuat-atau-break dari tes ini adalah tinggi lebih jauh lagi dengan penjadwalan yang bertepatan dengan akhir sesi Kedua Puluh Dua Partai Kongres.
Berat dari bom - 27 ton - hampir sama dengan payload maksimum Tu-95, dan dua setengah kali beban normal senjata [Zaloga 1993] . Lampiran khusus dan perangkat keras rilis demikian harus dikembangkan dan diinstal. Karena dimensi bom - 2 meter dan lebar 8 meter panjang - lebih besar daripada bom bisa menampung teluk bagian dari badan pesawat harus dipotong, dan pintu bom teluk dihapus. Bom itu sebagian tersembunyi di pesawat, tapi tidak tertutup, dengan lebih dari setengah dari itu menonjol dalam penerbangan [Adamsky dan Smirnov 1998] . Sebuah parasut khusus harus dikembangkan untuk memperlambat keturunan bom. Fabrikasi ini parasut besar terganggu industri kaus kaki nilon Soviet [Reed dan Kramish 1996] . Bahkan tanah peralatan penanganan khusus harus dikembangkan untuk mengangkat bom untuk memasang ke pesawat.
Majelis tampaknya telah dilakukan secara paralel dengan usaha desain - yaitu, mereka mulai membangun perangkat bahkan ketika mengembangkan desain. Bom itu dirakit di gerobak datar kereta api dalam sebuah lokakarya khusus yang dibangun di atas jalur kereta api. Setelah selesai, lokakarya itu dibongkar dan gerobak datar itu disamarkan sebagai mobil barang-kereta biasa. Bom itu dibawa dengan kereta api sampai ke lapangan terbang di mana ia dimuat langsung ke dalam pesawat pengiriman [Adamsky dan Smirnov 1998] , [Sakharov 1990, pg. 219] .
Pada awal Oktober Sakharov perjalanan ke Moskow untuk membahas perhitungan untuk 100 megaton bom. Setelah ia kembali ke Arzamas-16, dengan perangkat hampir siap untuk pengiriman, keraguan serius tentang desain muncul. Ini akan menjadi sekitar pertengahan bulan, tidak lebih dari dua minggu sebelum ujian.
Perangkat ini memiliki 'beberapa fitur baru yang berisiko' (menurut Sakharov) dan Evsei Rabinovich telah menjadi yakin bahwa perangkat tidak akan bekerja. Rabinovich kekhawatiran dikomunikasikan kepada seluruh staf proyek, tanpa memberitahu pada awalnya Sakharov. Argumen Nya jelas persuasif, dan tidak bisa dengan mudah dikesampingkan. Sakharov ditarik menjadi perdebatan, dan ia, dengan Adamsky dan Feodoritov, dikembangkan kontra-argumen yang membantah kesimpulan Rabinovich itu. Karena kedua belah pihak bergantung pada perkiraan itu sulit untuk membedakan yang benar.
Sakharov menjelaskan tanggapannya terhadap krisis ini:
Saya memutuskan untuk memperkenalkan beberapa perubahan ke dalam desain dari Bom Besar, mencoba untuk meminimalkan margin kesalahan dalam menghitung proses halus yang khawatir Rabinovich. Aku bergegas ke David Fishman, kepala departemen desain, yang bahkan tidak repot-repot mengeluh - masalah itu terlalu serius. Para desainer tidak pulang ke rumah malam itu sampai mereka telah menyerahkan cetak biru direvisi; perubahan desain yang sebenarnya dilakukan pada hari berikutnya.
[Sakharov 1990, pg. 220]
Adamsky dan Smirnov mengomentari ketidakpastian yang dialami oleh tim:
"Dari waktu ke waktu, kita tentu akan memiliki keraguan: akan perangkat menipu kita, apakah itu gagal pada saat tes?
Menyinggung hal ini, Sakharov berkata: "Jika kita tidak membuat hal ini, kita akan dikirim ke konstruksi kereta api."
[Adamsky dan Smirnov 1998] . Namun ini adalah perbaikan yang ditandai selama hari-hari Stalin ketika desainer senjata nuklir merenung atas prospek ditembak!
Dengan 24 Oktober (hanya 6 hari sebelum tes yang sebenarnya) laporan akhir itu selesai, termasuk desain yang diusulkan dari bom dan perhitungan teoritis dan desain. Spesifikasi dalam laporan itu dikirim ke insinyur desain dan perakit bom. Laporan itu co-ditulis oleh Andrei Sakharov, Viktor Adamsky, Yuri Babaev, Yuri Smirnov, dan Yuri Trutnev. Adamsky dan Smirnov, dua penulis laporan baru-baru ini mengutip pernyataan berikut dari laporan ini: "Sebuah hasil yang sukses dari tes perangkat ini membuka kemungkinan untuk menciptakan sebuah perangkat kekuasaan hampir tak terbatas" [Adamsky dan Smirnov 1998] .
Menurut [Adamsky dan Smirnov 1998] "bahkan jika sistem parasut telah gagal pada saat tes, awak bomber tidak akan terancam punah, sebagai bom tersebut berisi mekanisme khusus yang dipicu ledakan tersebut hanya setelah pesawat telah mencapai jarak aman" . Hal ini menunjukkan bahwa bom itu dicurangi dengan murang kedekatan (yang bisa berupa timer, atau sebuah altimeter barostatic atau radar) yang akan meledak dekat dengan tanah (gambar bom melakukan hidung menunjukkan mount probe yang telah diidentifikasi sebagai sebuah altimeter radar [Janes Defense Weekly 1992] ). Bahkan dengan teknik ini, waktu jatuh bebas ke tanah kurang dari 60 detik (46 detik mengabaikan hambatan udara), yang memungkinkan pesawat Tu-95 rilis untuk mendapatkan tidak lebih dari 30 km dari titik nol (karena ini membutuhkan kecepatan maksimum, dan giliran hampir seketika setelah rilis, pemisahan nyata akan telah kurang).

Apakah itu 50 megaton atau 57?

Tak lama setelah tes 30 Oktober AS diperkirakan menghasilkan 57 megaton di. Nilai ini kemudian beredar selama 30 tahun sebagai hasil sebenarnya dari perangkat ini, dikutip oleh sumber-sumber Barat dan oleh pemerintah Soviet. Pada tahun 1974 memoarnya Khrushchev mengingat kembali: "Ilmuwan kami dihitung di muka bahwa kekuatan bom akan sama dengan 50 juta ton TNT itu dalam teori Dalam kenyataannya, ledakan ternyata setara dengan 57 juta ton.." [Khrushchev 1974; pg. 71] . Namun, semua sumber Rusia sejak 1991 telah secara konsisten menggunakan angka 50 megaton, bukan 57. Ini termasuk daftar resmi Rusia dari semua uji coba nuklir ( [RFNC-VNIIEF 1996] ), rekening pribadi prestasi Arzamas-16 dengan lama sutradara Yuli nya Khariton ( [Khariton 1993] ), dan account perangkat ini diberikan oleh perusahaan pengembang Viktor dan Yuri Smirnov Adamsky [Adamsky dan Smirnov 1994] .
Dalam mempersiapkan estimasi hasil panen bom AS memiliki data tentang tes yang dikumpulkan mengejutkan dekat. Dengan pemberitahuan pengumuman Khrushchev, dan tes lainnya dalam seri, sebuah crash program kode-bernama lampu kilat diselenggarakan atas perintah Hebert Scoville (Joint Intelligence Atom Ketua Komite) dan Gerald Johnson (Asisten kepada Sekretaris Pertahanan untuk energi atom). Sebuah KC-135 Stratotanker telah dimodifikasi untuk membawa elektromagnetik broadband dan peralatan optik temu wartawan (yang akan termasuk fotometer kecepatan tinggi disebut "bhangmeter"). Modifikasi dilakukan di bawah pengawasan Doyle Northrup oleh satuan Angkatan Udara berkantor pusat di Wright-Patterson AFB disebut "Safari Besar." Pesawat itu siap untuk penyebaran luar negeri ke basis pementasan dengan 27 Oktober. Menyeberang Samudra Arktik, lampu kilat bisa mendapatkan cukup dekat dengan titik ledakan, cukup dekat sehingga badan pesawat mengalami panas (yang menunjukkan itu adalah lebih dekat daripada pemisahan km 45 dari pesawat Tu-95 drop).
Profil emisi cahaya dari ledakan dikumpulkan oleh "bhangmeter" akan digunakan untuk menghitung hasil, peralatan pemantauan elektromagnetik akan memiliki sinyal terdeteksi dihasilkan oleh setiap tahap dari bom seperti yang dinyalakan, yang memungkinkan waktu interstage yang akan diukur. Data dianalisa oleh Panel Evaluasi Senjata Asing (lebih dikenal sebagai Bethe Panel, setelah ketuanya Hans Bethe) yang ditugaskan perkiraan hasil 57 Mt. [Richelson 2006] .
Perbedaan ini dapat dijelaskan jika benar-benar menguji 50 megaton, namun perkiraan AS tinggi dengan 14%. Perbedaan ini tidak akan menjadi deviasi antara hasil aktual biasa dan diperkirakan. Misalnya perkiraan otoritatif dari hasil dari bom Hiroshima telah bervariasi 12-16 kt, perbedaan 25% (atau 33%), meskipun keuntungan yang mengetahui AS di desain perangkat rinci, dan memiliki melakukan studi mendalam efek pada tanah . Dalam kasus uji megaton 50, AS tidak mendapatkan manfaat dari informasi rinci tentang perangkat. Meskipun demikian, mengingat up-dekat data berkualitas tinggi yang disediakan oleh lampu kilat besarnya perbedaan hasil tetap membingungkan.
Alasan mengapa Soviet mungkin menggunakan perkiraan asing tinggi bukan mengoreksi dengan angka yang lebih rendah yang sebenarnya jelas. Tes ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah demonstrasi spektakuler kemampuan Soviet mengagumkan. Untuk tujuan ini semakin tinggi menghasilkan lebih baik. Soviet tidak punya alasan untuk ingin memberikan hasil, lebih akurat, tetapi lebih rendah. Selanjutnya, patologi yang mendasari sistem Soviet mendorong menipu diri sendiri. Sifat tak terduga dan sangat politis pengambilan keputusan Khrushchev, dan rasa takut dan kekhawatiran ilmuwan senjata tentang konsekuensi dari kegagalan (bahkan jika kurang ekstrem daripada selama tahun Stalin) menggambarkan bagaimana sistem hampir tidak mendorong umpan balik dan menceritakan kebenaran untuk Soviet kepemimpinan. Jika Khrushchev mendengar estimasi Barat (seperti yang ia pasti lakukan) dan merasa senang dengan tim senjata "melebihi kuota mereka" seperti itu, mereka hampir tidak bisa diharapkan resiko diri dalam disabusing pemimpin partai dan negara gagasan dihargai. Selanjutnya, tidak biasa bagi pemerintah untuk menggunakan angka yang tidak akurat dan tidak resmi yang dikembangkan oleh orang lain dalam wacana publik, jika angka resmi akurat diklasifikasikan. Ini bahkan lebih khas untuk CPSU dan pemerintah Soviet menolak untuk mengakui kesalahan yang pernah. Jika sekali waktu, pemimpin Uni Soviet publik menerima hasil 57 megaton, maka angka ini tidak mungkin dikoreksi dalam laporan berikutnya.
Setelah jatuhnya Uni Soviet, dan penurunan dr takhta dari Partai Komunis sebagai pemegang monopoli kekuasaan negara, maka motivasi untuk melanjutkan dengan estimasi yang tidak akurat menghilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar